15/11/14

Kampanye Humas Melalui Tulisan Features

ADA beragam bentuk tulisan yang bisa dibuat oleh praktisi Humas untuk disebarluaskan kepada publik melalui media massa. Contohnya, Siaran Pers, tulisan Features, Opini, Surat Pembaca dan sebagainya.

Melalui tulisan tersebut praktisi Humas dapat menyajikan berbagai informasi yang mendalam tentang informasi yang digeluti sebuah organisasi tertentu untuk diketahui publik.

Pada kesempatan ini kita akan membahas tulisan dalam bentuk Features atau karangan khas.

Dalam beberapa hal, tulisan Features memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri dibandingkan penulisan hard news yang disajikan dengan struktur piramida terbalik dan mengandung unsur lead, tubuh berita dan penutup.

Sedangkan tulisan Features, mengambil posisi yang sama namun diperkuat dengan informasi yang lebih detil dan lengkap terhadap topik yang ingin disampaikan. Sebab tulisan Features biasanya mengandung empat unsur, yaitu fakta, opini, human interest, dan sastra.

Tulisan Features juga kerap disebut dengan istilah soft news atau timeless. Tulisan ini menjadi kuat karena didukung dengan data dan informasi yang rinci sehingga menarik untuk dibaca bagi publik.

Terutama pemilihan kata-kata atau diksi yang digunakan berona atau colorful word layaknya karya sastra dengan rangkaian kalimat yang menggugah pembaca. Sebagai contoh, tulisan Features tentang sebuah Museum.

Cerita tentang Museum akan menarik bila didukung dengan informasi yang rinci. Misalnya, sejarah, jenis benda bersejarah yang dimilikinya, ciri khasnya dibandingkan museum lain dan sebagainya.

Informasi yang komplit tadi menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca yang akan mengunjungi tempat itu.

Unsur yang tidak kalah pentingnya adalah human interest. Tulisan seperti ini untuk mengungkap sisi kemanusiaan atau kisah nyata terkait dengan pengabdian seseorang kepada organisasi atau profesi yang dijalankan selama hidupnya.

Misalnya, dalam kehidupan Rumah Sakit banyak dokter atau perawat yang sudah mengabdikan dirinya untuk melayani sesama manusia. Dedikasi dan pelayanannya akan menjadi ‘pelajaran’ menarik bagi orang lain yang ingin mengetahui atau menekuni profesi tersebut.

Karena itu, kemampuan dalam mengemas informasi dalam bentuk Features merupakan kompetensi yang harus dikuasai oleh praktisi Humas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar