Top 8 Aplikasi Popular Work From Home




Pandemic virus Covid-19 di seluruh negara termasuk Indonesia, mengubah rutinitas pekerja yang semula bekerja di kantor mulai bergeser untuk bekerja dari rumah masing-masing atau work from home. Anjuran ini digunakan untuk meredam penyebaran virus Covid-19 dengan istilah physically social distancing. 

Pada artikel ini kami ingin paparkan beberapa aplikasi popular yang bisa Anda gunakan untuk bekerja dari rumah dan tetap berproduktif secara maksimal. Aplikasi ini ada yang gratis dan berbayar dengan harga terjangkau.  

Berikut penjelasan ringkas dari aplikasi tersebut:

1. Google Drive (Windows, Mac, iOS, Android & web)
Free

Google Drive adalah alternatif cloud tanpa embel-embel untuk Microsoft Office tetapi jauh lebih bermanfaat bagi pekerja jarak jauh dibanding pesaing MS. Alasannya, fitur berbagi file dan kolaborasi di Google Drive berfungsi jauh lebih baik ketimbang Microsoft Drive.

Masalah besar lainnya adalah aplikasi MS (Word, Excel, dll.) sering terjadi macet di Mac. Kondisi ini tidak ditemukan pada Google Drive hanya kelemahannya adalah Anda benar-benar harus online untuk menggunakan Google Drive dan Google Documents.



Fitur utama
  • Documents: Dokumen Word, spreadsheet, presentasi, dan semua dokumen penting.
  • Cloud storage: Elemen Google Drive cloud sangat berguna untuk tim jarak jauh yang memungkinkan mereka membuat, mengunggah, berbagi, dan berkolaborasi pada file.
  • Collaboration: Kolaborasi real time pada file Google Documents berfungsi tanpa ada hambatan dan ini mengungguli Microsoft Drive.

Google Drive memungkinkan Anda dan anggota tim lainnya untuk mengerjakan dokumen teks atau spreadsheet yang sama secara real-time. Tidak ada kelambatan yang terlihat dan semua peserta dapat melihat perubahan yang dibuat. Komentar juga dapat dibiarkan untuk baris atau sel tertentu dalam setiap dokumen.

Bagi sebagian besar pekerja jarak jauh, versi Google Drive gratis lebih dari cukup. Jika Anda memerlukan penyimpanan cloud yang lebih besar dari ruang standar 15GB yang disediakan gratis, maka Anda dapat meningkatkan paket penyimpanan dengan membayar di G Suite, yang merupakan Google Drive bisnis. Paket G Suite mulai dari Basic US$4.2/bulan/user, Business US$10.2/bulan/user dan Enterprise US$ 25/bulan/user.

2. Chrome Remote Desktop (iOS, Android, Chrome extension)
Free

Chrome Remote Desktop memungkinkan untuk mengakses komputer Anda dengan aman dari ponsel, tablet, atau komputer lain. Ini berarti Anda dapat mengakses mesin dari mana saja, kapan saja tanpa khawatir risiko keamanan. Untuk mengakses komputer cukup mengetikkan URL akses ke browser web atau mengunduh aplikasi seluler untuk iOS dan Android. Ada juga ekstensi Chrome yang memberi Anda akses lebih cepat ke komputer kantor / rumah dari perangkat portabel.



Fitur utama
  • Remote Access: Akses komputer Anda di mana saja, kapan saja dari ponsel Anda, tablet atau komputer lain.
  • Remote Support: Izinkan anggota tim mengakses komputer Anda dari lokasi mereka untuk memberikan dukungan / kolaborasi.
  • Screen share: Anda juga dapat menggunakan fitur Dukungan Jarak Jauh untuk membagikan layar Anda dengan anggota tim untuk kolaborasi yang lebih besar.

Fungsi lain dari Chrome Remote Desktop adalah menghubungkan perangkat Anda dengan sesama rekan tim. Artinya, Anda dapat memberikan akses ke komputer Anda dan menerima dukungan jarak jauh, memungkinkan kolega untuk melihat layar Anda dan mengendalikan komputer sangat berguna untuk menyelesaikan masalah teknis.

Platform ini memungkinkan Anda menggunakan fitur secara terbalik untuk mengakses komputer rekan tim dan memberikan dukungan atau berkolaborasi. Anda cukup menggunakan fitur ini untuk berbagi layar, memungkinkan semua orang untuk melihat layar yang sama dan berkolaborasi secara lebih efektif.

3. Calendar (iOS, Android, web app)
Free

Google Kalender adalah kalender digital gratis yang tidak menyediakan beberapa fitur canggih yang biasanya dibutuhkan pekerja jarak jauh. Alternatif yang lebih kaya fitur adalah kalender yang menghubungkan semua kalender Anda ke dalam satu layar (interface).



Fitur utama
  • One calendar: Kalender terintegrasi dengan semua kalender Anda (Google Calendar, Outlook, dll.) Untuk menyimpan semuanya di satu tempat.
  • Synced events: Buat acara di Kalender atau buat di aplikasi kalender Anda yang lain - mereka akan selalu disinkronkan.
  • Easy scheduling: Jadwalkan rapat tim tanpa bolak-balik email biasa.
  • Analytics: Kalender menyediakan laporan analitik untuk meningkatkan produktivitas.
  • Meeting transcriptions: Transkrip otomatis rapat Anda.

Selain mengintegrasikan semua aplikasi kalender Anda, fitur bintang di kalender adalah cara menangani rapat. Alih-alih mengatur obrolan video atau pertemuan lainnya dengan email yang banyak antara anggota tim. Kalender memungkinkan siapa saja untuk memilih dan memesan waktu rapat selama jam ketersediaan sambil memastikan tidak ada konflik dengan rapat atau tugas yang lain.

4. Serene (Mac)
Free

Serene adalah aplikasi gratis untuk Mac yang membantu Anda mencapai maksimum produktivitas setiap hari. Ada dua prinsip utama dari aplikasi ini yang keduanya didukung oleh serangkaian studi ilmiah. Pertama, Serene mendorong Anda untuk menetapkan satu tujuan harian dan tetap fokus untuk mencapainya sepanjang hari. Peran kedua adalah memblokir akses ke situs web dan aplikasi yang mengganggu selama kerja sambil membungkam telepon Anda.


Fitur utama
  • Website blocker: Blokir situs web yang mengganggu Anda, seperti media sosial dan situs web berita.
  • App blocker: Anda dapat memblokir aplikasi yang mengalihkan perhatian dari pekerjaan.
  • Distraction-free sessions: Bekerja dalam sesi 20-60 menit dengan istirahat teratur untuk memaksimalkan produktivitas.
  • Session timer: Menunjukkan berapa banyak waktu yang tersisa untuk menyelesaikan tugas, memberi Anda dorongan motivasi menjelang akhir setiap sesi.
  • To-do lists: Kelola tugas dan pastikan semuanya dilakukan oleh anggota tim yang tepat.
  • Day planner: Tetapkan tujuan dan tugas untuk hari ini dan menyelesaikannya.


Dengan menggunakan Serena Anda menjadi tenang membagi hari sebagai rangkaian sesi kerja pendek dan istirahat regular. Ini juga memberi Anda menjadi fokus saat bekerja dengan istirahat yang cukup untuk menjaga pikiran segar sepanjang hari.

5. Slack (Windows, Mac, iOS, Android & web)
Free version

Slack adalah platform chatting yang dirancang untuk tim dan merupakan alat komunikasi ideal bagi pekerja jarak jauh. Olah pesan instan diatur ke dalam saluran, di mana anggota tim dapat bergabung dan keluar, sesuai kebutuhan sehingga tidak ada yang menerima pesan atau pemberitahuan yang tidak relevan dengan mereka. Anggota tim juga dapat mengobrol di luar topik utama dalam thread terpisah tanpa mengganggu percakapan utama.


Fitur utama
  • Instant messaging: Komunikasi langsung antara tim untuk kolaborasi.
  • Statuses: Pengguna dapat mengatur status untuk fokus pada tugas individu sesuai kebutuhan.
  • File sharing: Berbagi file beragam format, seperti PDF, gambar, video, dan jenis file umum lainnya.
  • Voice & video calls: Panggilan suara dan video langsung.

Versi gratis Slack pada tim kecil suatu bisnis dapat menggunakan diantara mereka sendiri untuk meningkatkan alur kerja mereka. Ini dapat meningkatkan kolaborasi dalam lingkungan kantor tetapi manfaat Slack untuk pekerja jarak jauh yang perlu berkolaborasi dengan anggota tim di lokasi lain.

6. Zoom (Windows, Mac, iOS, Android & web)
Free version

Zoom menawarkan fungsi konferensi video dan alat komunikasi untuk bisnis. Produk yang menonjol bagi tim jarak jauh adalah Zoom Meetings & Chat, yang menawarkan panggilan video dan suara untuk tim Anda.


Fitur utama
  • Video meetings: Tim jarak jauh dapat rapat video bersamaan atau panggilan video masing-masing.
  • Voice calls: Anda juga dapat menjalankan panggilan suara grup atau satu-ke-satu saat pertemuan tatap muka tidak diperlukan.
  • Messaging: Anggota tim dapat mengirim pesan menggunakan Zoom.
  • File sharing: Membagi file selama dan di luar obrolan video/suara untuk kolaborasi.

Rapat grup dengan video dan panggilan suara dipermudah dengan Zoom. Versi gratis cukup untuk tim yang kecil. Sedangkan versi berbayar mengharuskan tuan rumah membayar biaya bulanan dan bukan semua orang yang menghadiri rapat video. Tuan rumah adalah seseorang yang mengundang anggota tim lain untuk bergabung tetapi hingga 100 peserta dapat bergabung dan Anda (atau perusahaan Anda) hanya perlu meningkatkan ke versi berbayar jika rapat berlangsung lebih dari 40 menit.

7. Spark (Mac, iOS, Android)
Free version

Email adalah salah satu penghalang produktivitas yang paling terkenal. Untungnya, ada cara untuk menjinakkan gangguan email dan mengubah kotak masuk Anda menjadi aset, bukan halangan.
Spark adalah klien email cerdas yang secara otomatis mengumpulkan dan mengategorikan email Anda dari setiap akun. Ini memungkinkan untuk memprioritaskan email paling penting dan menyaring yang tidak penting atau menunda sampai nanti.


Fitur utama
  • Smart inbox: Bersihkan kotak masuk temukan email apa pun dengan "Pencarian Cerdas" dan tunda email yang tidak membutuhkan perhatian saat ini.
  • Smart notifications: Hanya terima notifikasi untuk email yang benar-benar penting.
  • Assign emails: Tetapkan email ke anggota tim sehingga orang yang tepat selalu mengelola tugas.
  • Team email: Komentar privat, konsep bersama, balasan templat, dan obrolan instan untuk tim kolaboratif.
  • Send emails later: Jadwalkan email untuk mengirimnya ketika orang-orang cenderung membacanya.


Spark mengemas fitur kolaborasi, memungkinkan anggota tim untuk bekerja pada email yang sama dari jarak jauh secara real-time. Ini berarti setiap orang yang perlu memberikan informasi dalam email dapat melakukannya sendiri dengan akurasi 100% tanpa penundaan dan tidak ada kesalahpahaman. Spark versi gratis lebih dari cukup untuk pekerja jarak jauh individual dan juga tim yang sangat kecil.

8. Zapier (Windows, Mac, iOS, Android & web)
Free for 100 tasks/mo

Zapier adalah alat otomatisasi sederhana yang menghemat waktu untuk tugas yang berulang. Alih-alih fitur ini meneruskan ke berbagai aplikasi untuk menyelesaikan fungsi dasar (mis: mengunggah file ke Google Drive), Anda dapat membuat Zaps untuk mengotomatiskan tugas-tugas ini.

Pada dasarnya, Zapier mengirim data antar aplikasi seperti Gmail dan Google Drive sehingga lampiran email diunggah secara otomatis untuk akses jarak jauh. Atau Anda dapat secara otomatis menambahkan entri waktu Toggl ke spreadsheet Google Sheets untuk lembar waktu yang akurat tanpa beban kerja manual.



Fitur utama
  • Integrate apps: Tautkan aplikasi favorit Anda sehingga dapat berbagi data, memungkinkan Anda menghabiskan sedikit waktu untuk beralih antar aplikasi.
  • Automate tasks: Mengotomatiskan tugas yang berulang antar aplikasi.
  • Zaps: Jelajahi perpustakaan Zapier dari alur kerja otomatis yang dibuat sebelumnya untuk aplikasi favorit Anda.

Otomatisasi adalah fitur yang paling penting untuk memaksimalkan produktivitas dan Zapier adalah platform teknologi yang penting namun terkadang rumit. Meskipun sederhana, fitur ini dapat menghemat waktu Anda.

Perlu diingat, urutan di atas tidak mencerminkan keunggulan dari masing-masing aplikasi tersebut karena platform tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda untuk Anda tetap produktif bekerja dari rumah. Selamat mencoba!

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post