Platform Digital untuk Physical Social Distancing


dok.kominfo


Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meminta dukungan industry digital membantu mengatasi permasalahan-permasalahan Pandemi Covid-19 di tanah air.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak semua warga untuk bersatu dalam menghadapi situasi Pandemi Covid-19 di Indonesia, karena peran setiap orang penting untuk mencegah penyebaran virus yang lebih luas.

“Kami apresiasi platform digital di Indonesia telah memberikan dukungan pelaksanaan Gerakan Jaga Jarak atau Physical Social Distancing sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk mencegah penyebaran lebih lanjut Pandemi Covid-19,” ujarnya dilansir dari siaran pers, Senin (23/3/2020).

Menteri Johnny menyebutkan platform digital baik decacorn maupun unicorn telah memberikan fasilitas dan dukungan dalam gerakan Bekerja dari Rumah, Belajar dari Rumah dan Berdoa atau Beribadat di Rumah sesuai dengan bidang layanannya masing-masing.

Untuk itu, Menkoinfo mengimbau agar masyarakat memanfaatkan layanan  yang disediakan platform digital tersebut secara maksimal. Pemerintah juga mengimbau agar harga barang dan jasa di platform digital tidak ada kenaikan yang tidak terkendali.

Selain itu, Menkoinfo juga mengapresiasi upaya platform digital dalam bentuk Corporate Social Responsibilty (CSR). Untuk membantu penggalangan dana, pengadaan Alat Perlindungan Diri (APD) dan beragam donasi lain untuk mendukung upaya Pemerintah melawan Covid-19.

Fasilitasi Data Berkualitas

Selain platform digital, Menteri Kominfo juga mengapresiasi seluruh operator telekomunikasi dan Penyedia Akses Internet (ISP) yang telah memberikan kontribusi sangat besar dalam menyediakan akses gratis untuk mendukung penanganan Covid-19 secara interaktif.

“Kami sampaikan kepada seluruh penyelenggara telekomunikasi atau operator seluler, internet service provider untuk menjaga kapasitas layanan dengan menyediakan bandwith yang cukup dan menjaga kualitas layanan atau Quality of Services,” katanya.

Untuk operator telekomunikasi dan penyedia layanan akses internet, Menteri Kominfo mengharapkan bisa memperluas jangkauan layanan. “Fasilitas paket data dan layanan gratis kepada mahasiswa kepada perguruan tinggi dengan harapan dapat diperluas untuk melayani para siswa lainnya di sekolah-sekolah menengah,” harapnya.

Tak hanya itu, Menteri Johnny meminta agar fasilitas layanan internet yang memudahkan distance learning dapat diberikan dalam bentuk paket-paket gratis yang lebih luas. Seperti layanan gratis panggilan call center 119, 117 dan 112, serta WhatsApp Blast dan SMS Blast operasional dari Chatbot WhatsApp Covid19.go.id Powered by Kominfo. (*)


Post a Comment (0)
Previous Post Next Post