04/08/15

Facebook Raup Omzet US$4,04 Miliar

FACEBOOK mengumumkan pencapaian kinerja perusahaan yang memuaskan pada periode kuartal II-2015. Salah satu media sosial ini mengantongi pendapatan sebesar US$4,04 miliar, atau meningkat 39% dibandingkan kuartal II-2014 senilai US$2,91miliar.

Peningkatan ini berasal dari beberapa sumber pemasukan yang juga turut meningkat, salah satunya pendapat iklan yang meningkat 55%. Dan sebesar 76% di antaranya berasal dari pendapatan iklan mobile.

Dari sisi pengguna, Facebook mengklaim pengguna aktif harian atau daily active users (DAUs) rata-rata mencapai 968 juta akun pada Juni 2015. Jumlah ini naik 17% dibandingkan Juni 2014. Sedangkan pengguna aktif harian melalui perangkat mobile, mencapai kenaikan 29% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya dengan rata-rata 844 juta pengguna.

Untuk pengguna aktif bulanan atau monthly active users (MAUs), perusahaan mencatat sekitar 1,49 miliar atau naik 13% dibanding Juni 2014. Sedangkan pengguna aktif bulanan mobile mencapai 1,31 miliar atau meningkat 23% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara itu, platform baru yaitu video, terus mengalami pertumbuhan dengan miliaran video ditonton setiap harinya di perangkat mobile. Sejak awal 2015, penayangan video di Pages meningkat 40% seiring banyaknya video dari brand yang ditonton di Facebook.

Kehadiran fitur video ini turut mendukung momen penting dunia, seperti sebanyak 59 juta pengguna melakukan 300 juta lebih interaksi di ajang Copa America dan lebih dari 150 juta orang mendapatkan notifikasi bahwa teman mereka selamat dari musibah gempa di Nepal.

Tak hanya itu, aplikasi Instagram milik Facebook pada kuartal II-2015 telah mengalami beberapa perubahan. Instagram meluncurkan iklan di Brasil, Jerman dan Jepang.

Ke depan, Facebook bakal menyediakan format baru bagi pengiklan di Instagram. Untuk itu, Facebook akan mengandalkan mitra pihak ketiga yang mengandalkan kemampuan targeting dan membeli secara online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar