17/09/15

Humas Pemerintah Belum Gaungkan Kebijakan Pemerintah

PAKET kebijakan ekonomi yang belakangan dikeluarkan pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla merupakan pekerjaan rumah bagi jajaran humas pemerintah. Namun, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyayangkan humas pemerintah belum mampu menggaungkan kebijakan tersebut.

Hal itu disampaikan Rudiantara pada seminar Bakohumas di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Jakarta, Selasa (15/9). Dengan tema “Peran Humas Dalam Sinergi Kampanye Revolusi Mental ASN dan Reformasi Birokrasi.”

Menurut Rudiantara, paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan pemerintah diharapkan berdampak signifikan bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Untuk itu, dia akan merumuskan narasi tunggal sosialisasi kebijakan pemerintah agar humas kementerian terkait dengan kebijakan tersebut, dapat mensinergikan penyampaian informasi kepada masyarakat.

Saat ini, lanjutnya, informasi yang dikelola kehumasan kementerian dan lembaga pemerintah masih berkesan berjalan dan berkembang sendiri-sendiri. Semestinya, masing-masing kehumasan tetap mengelola satu informasi yang terintegrasi sebagai satu kesatuan kehumasan pemerintah, tanpa menanggalkan kewajiban di instansi masing-masing.

Rudiantara mengaku bosan dengan seminar yang dilakukan Bakohumas, lantaran tidak pernah menghasilkan inovasi nyata dalam bidang kehumasan pemerintah. “Selama tujuh kali digelar, seminar Bakohumas belum mampu mengintegrasikan informasi masing-masing kementerian dan lembaga,” ucapnya.

“Saya menginginkan setiap humas kementerian/lembaga, selain bekerja mengawal informasi di intansinya, juga mampu menyampaikan materi yang sama mengenai kebijakan dan program pemerintah secara garis besar”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar