Alasan Video Menjadi Konten Terbaik Marketing

 


Bukan isu baru lagi bahwa dunia digital telah mengalami transformasi besar-besaran selama satu dekade terakhir. Anda menjadi lebih ‘hidup’ di dunia digital jika dapat melihat konten video yang menarik dari seluler.

Orang-orang melakukan pencarian di dunia maya hanya dengan seluler untuk melihat rekomendasi, misalnya restoran, produk, tutorial dan lainnya, sepanjang hari sebelum memutuskan untuk membeli atau berbagi di media sosial.

Awalnya, komputer dan laptop yang berukuran besar, mahal, dan merepotkan jika harus dibawa. Saat ini, Anda dapat mengakses, menyimpan, dan membuat konten di mana pun berada hanya berbekal seluler.

Hal ini mendorong dunia marketing harus mengalami perubahan yang luar biasa. Dan itu masih berkembang sepanjang waktu. Salah satu perubahan terbesar adalah konten video.

Melonjaknya konten video telah mengubah merek atau organisasi bisnis turut mengikuti perkembangan digital dalam menyampaikan pesan. Itu juga telah mengubah cara audiens menerima audio visual menjadi paling disukai.

Mari kita pelajari pentingnya konten video hasil riset Digital Branding Institute:

Konsumen menyukai visual digital

Preferensi konsumen sebagian besar telah mendorong popularitas konten video. Apakah Anda ingin menarik penggemar, pengikut, dan pelanggan? Kemudian Anda perlu memberi mereka jenis konten yang ingin mereka lihat. Ini akan membantu mereka melirik pesan Anda.

Smart Insights mencatat 72% orang lebih memilih video daripada konten teks saat mempelajari tentang produk atau layanan baru. Dalam banyak kasus, video bahkan bukan cara tercepat untuk mempelajari sesuatu. Namun, itulah yang sangat disukai orang.

Memudahkan audiens untuk berbagi

Selain preferensi ini, 83% konsumen juga mengatakan bahwa akan mempertimbangkan untuk membagikan video yang mereka nikmati dengan teman-teman. Ini menawarkan merek Anda lebih banyak manfaat. Jika konten video disebarkan dapat meningkatkan merek, menumbuhkan keterlibatan, dan meningkatkan ROI Anda.

Audiens biasanya mendapatkan konten visual dan iklan dari televisi dan film, sekarang tidak lagi. Menurut Google, 6 dari 10 orang sekarang lebih suka menonton video online daripada televisi.

Konten video membantu merek

Banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan konten video daripada yang disadari audiens. Konten video biasanya mencakup:

  • Penjelasan
  • Presentasi
  • Vlog
  • Tutorial
  • Webinar
  • Iklan
  • Testimoni Pelanggan
  • Wawancara
  • Video Produk
  • Live Video
  • Konten media social

Ini bisa apa saja mulai dari presentasi berjam-jam di situs Anda, hingga tutorial 5 menit di YouTube atau 10 detik di TikTok. Strategi konten Anda secara keseluruhan akan mendapatkan keuntungan dari campuran konten video. Konten ini harus memiliki tujuan yang berbeda, berdasarkan platform yang Anda gunakan karena memiliki ciri khas yang berbeda.

Terlepas dari bagaimana Anda menggunakan konten video. Berikut ini cara yang ampuh dapat Anda lakukan.

Konten video membentuk perilaku belanja

Meskipun popularitas konten video sangat tinggi di antara generasi milenial dan gen-Z, hal itu sebenarnya berpengaruh pada semua demografi usia. Konten video sangat membantu membentuk perilaku belanja karena pengguna internet mencari video yang berkaitan dengan produk atau layanan online, sebelum memutuskan belanja.

Anda dapat menggunakan video untuk membuat kesan pertama yang efektif dan mendapatkan konversi.

Menurut Hubspot, 76% orang mengaku membeli produk atau layanan setelah menonton video. Hampir 60% konsumen menganggap penting bagi produk dan layanan untuk menjelaskan diri mereka sendiri dalam format video. Selain itu, lebih dari setengah generasi milenial menganggap visual digital sebagai konten video yang paling menarik.

Sulit untuk menarik perhatian konsumen secara online. Ada banyak alasan untuk ini. Konsumen cepat bosan dengan taktik periklanan. Artinya strategi marketing harus selalu berkembang. Alasan lain adalah bahwa konten terus dibuat. Di YouTube saja, 300 jam video diunggah setiap menitnya.

Ada begitu banyak hal yang terus-menerus berkembang di dunia digital. Orang-orang di seluruh dunia membanjiri internet dengan konten setiap hari. Akibatnya, tidak mungkin ada satu orang pun yang menyadari semuanya. Merek Anda mudah tersesat dalam campuran konten internet tanpa strategi cerdas.

Namun, jika Anda dapat membuat konten video yang terhubung audiens, Anda dapat memandu pelanggan dengan baik di setiap langkah keputusan pelanggan. Dalam lanskap pemasaran digital yang berkembang, ini menjadi sangat kuat. Anda tidak pernah tahu persis kapan dan di mana seseorang akan berinteraksi dengan konten Anda.

Tingkatkan jangkauan audiens

Tentu saja, memiliki konten yang dapat dibagikan dan diklik dalam format favorit bagi semua orang dapat meningkatkan jangkauan dan keterlibatan Anda. Banyak survei mengungkapkan tingkat antusias audiens yang mengejutkan dari pengaruh konten video.

Video menyumbang 300% lalu lintas konten di internet. Menurut penelitian Insivia, sebuah situs web lebih mungkin tampil pada halaman depan Google berkali-kali jika menyertakan video.

Video menarik orang melihat

Orang-orang bisa menghabiskan banyak waktu di halaman web dengan konten video. Artinya, ini dapat membantu Anda meningkatkan rasio trafik. Dan berperan terhadap Google menentukan seberapa relevan dan berguna situs Anda untuk menaikkan peringkatnya.

Tahukah Anda bahwa memasukkan konten video bahkan dapat meningkatkan kinerja email Anda? Menurut HubSpot, menambahkan konten video ke email, Anda dapat meningkatkan rasio klik hingga 300%. Konten video, saat ini sudah dimudahkan oleh aplikasi untuk kegiatan branding digital dan strategi konten Anda.

Konten Video masih diminati

Popularitas konten video secara keseluruhan akan terus meningkat. Faktanya, pengguna Instagram dan TikTok sebagian besar berbagi video, selain berbagi gambar. Waktu pengguna yang dihabiskan untuk menonton video naik lebih dari 80% dari tahun ke tahun.

Saat ini video menjadi media yang paling efektif dan menarik. Anda dapat mencapai banyak tujuan untuk bisnis dan merek melalui cara ini. Konten video sangat fleksibel diterapkan pada aplikasi media sosial, email, website dan lainnya. Jadi, Anda jangan sampai ketinggalan.

 

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post