11/01/15

Tugas Humas Bangun Citra Positif

AKTIVITAS para Humas dilakukan dan diarahkan untuk terwujudnya sebuah citra positif bagi organisasi. Yang dimaksud Citra adalah kesan yang diperoleh seseorang berdasarkan pengetahuan dan pengertian tentang fakta-fakta atau kenyataan.

Citra suatu obyek diketahui melalui sikap yang ditunjukkan terhadap obyek tersebut. Semua sikap bersumber pada rangkaian pengetahuan yang bersifat kognitif dan dimiliki seseorang terhadap sesuatu obyek.

Proses pembentukan citra atau kesan terhadap obyek organisasi atau individu tertentu, melibatkan empat komponen standar, yakni persepsi, kognisi, motivasi, dan sikap.

Walter Lipman, seorang psikologi sosial, menyebutkan empat rangkaian itu dengan nama picture in our head. Persepsi diartikan sebagai hasil pengamatan terhadap unsur lingkungan yang dikaitkan dengan suatu proses pemaknaan.

Individu akan memberikan makna terhadap rangsangan berdasarkan pengalamannya mengenai rangsangan. Persepsi atau pandangan individu akan positif apabila informasi yang diberikan oleh rangsangan tersebut dapat memenuhi kognisi individu.

Kognisi yaitu suatu keyakinan diri dari individu terhadap stimulus. Keyakinan akan timbul apabila individu itu telah mengerti rangsangan tersebut. Sehingga individu harus diberikan informasi yang cukup untuk mempengaruhi perkembangan kognisinya.

Motivasi adalah keadaan pribadi seseorang yang mendorong keinginannya untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan.

Sikap adalah kecenderungan bertindak, persepsi, berpikir guna menghadapi sebuah obyek, ide, situasi atau nilai.

Sikap bukan perilaku tetapi cendrung untuk berperilaku dengan cara tertentu. Sikap dapat menentukan apakah seseorang harus pro atau kontra terhadap sesuatu, menentukan apa yang disukai, diharapkan, dan diinginkan.

Sikap pun mengandung aspek evaluatif. Artinya mengandung nilai menyenangkan atau tidak menyenangkan. Yang paling penting juga adalah sikap dapat diperteguh ataupun diubah.

Sebagai praktisi Humas kiranya penting untuk mengetahui apa dan bagaimana komponen yang terkait dengan proses pembentukan citra itu.

Proses pembentukan citra itu akan menghasilkan sikap, pendapat, tanggapan atau perilaku tertentu yang semuanya bisa dipahami melalui suatu penelitian.

Secara teori, citra yang dibangun melalui proses kerja Humas dikelompokkan dalam beberapa jenis antara lain the mirror image.

The current image yaitu citra yang terdapat pada public external berdasarkan pengalaman dan pemahaman publik eksternal terhadap organisasi itu

The wish image yaitu citra yang ingin dicapai oleh manajemen terhadap lembaga atau produk yang ditampilkan.

The corporate image yaitu berkaitan dengan bagaimana citra perusahaan yang positif lebih dikenal dan diterima oleh stakeholders.

Seluruh tahapan dan rangkaian kegiatan Humas tadi diharapkan bisa mendukung terwujudnya citra positif organisasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar