29/03/15

Facebook Kenalkan Aplikasi Messenger

Pada konferensi pengembang f8 tahunan pada tanggal 26 Maret 2015 lalu, Facebook mengenalkan sebuah platform baru yaitu aplikasi Messenger platform dan Messenger Bisnis.

Aplikasi ini memungkinkan para pengembang dan perusahaan dapat mengintegrasikan komunikasi pesan dengan aplikasi percakapan lainnya.

Menurut CEO Facebook Mark Zuckerberg, langkah ini membuka kesempatan para pengguna untuk mengekspresikan diri dengan cara-cara baru dan membuat percakapan mereka lebih baik.

Zuckerberg mendemonstrasikan aplikasi baru itu dengan mengirim file GIF melalui aplikasi JibJab kepada David Marcus, wakil presiden produk messaging di Facebook, yang menanggapi dengan file GIF dari Giphy dan beberapa teks yang disesuaikan.

Ke depan, kata Zuckerberg, jika seorang teman mengirimi Anda GIF, misalnya dari Giphy , akan ada ikon di bawah gambar yang memungkinkan Anda membuka Giphy jika sudah menginstalnya, atau perintah menginstalnya jika belum ada.

“Jika Anda ingin membalas mesangger dari aplikasi lain, ada tombol tiga titik yang akan memperluas komposer dan menampilkan aplikasi lainnya yang telah diinstal dan menyarankan menginstal di bawah ini,” jelasnya.

Dengan begitu, Anda dapat meramaikan percakapan lebih dinamis tidak lagi sekedar mengirim emoticon atau stiker. Sementara pengembang aplikasi dapat berpartisipasi mendapatkan lebih banyak eksposur dalam mengembangkan platform tersebut.

Zuckerberg menyebutkan, saat ini messenger platform sudah memiliki 40 mitra aplikasi, termasuk ESPN. “Pengembang yang ingin terlibat dapat mendaftar secara online,” ucapnya.

Messenger Bisnis

Messenger Bisnis pada dasarnya memungkinkan pengguna mendapatkan peringatan tentang hal-hal yang dilakukan secara online dan berinteraksi dengan pelanggan melalui Facebook Messenger ketimbang email.

Misalnya, jika Anda membeli sesuatu di Everlane maka ada pilihan check-out untuk menghubungkan ke Facebook Messenger dan keluar informasi detail tentang pesanan yang akan dikirim. Kemudian, bukannya email tentang pengiriman atau layanan pelanggan, tetapi Anda akan menerima pemberitahuan melalui Messenger.

Selain itu, Anda juga dapat berbicara dengan perusahaan melalui Messenger dengan menulis pesan seperti mengirim pesan kepada teman-teman. Aplikasi ini dapat memeriksa status pemesanan, meminta ukuran yang berbeda, atau dimasukkan ke dalam perintah lain.

Komponen layanan pelanggan tersebut didukung oleh Zendesk’s Zopim, sebuah platform komunikasi. “Pengecer online zulily dan Everlane adalah dua perusahaan pertama yang telah mengintegrasikan aplikasi ini untuk mendukung pelanggannya,” kata Zendesk.

Penggunaan Messenger memungkinkan para konsumen menerima informasi pesanan dan berinteraksi dengan perusahaan melalui Messenger. Sementara zulily dan Everlane dapat terlibat dengan pelanggan dan mengelola permintaan dukungan dari Messenger menggunakan Zopim yang sama untuk percakapan langsung.

Zuckerberg mengaku Messenger Bisnis akan diluncurkan pada bulan April tahun ini dan perusahaan yang tertarik untuk bergabung bisa memeriksanya melalui messenger.com/business.

Sementara itu, Deborah Liu, manajer pemasaran produk Facebook menambahkan, Facebook video memberi kesempatan para user untuk menanamkan video yang diposting di Facebook ke situs lain di website.

“Pengembang juga dapat memasuki Analytics Facebook untuk aplikasi yang dapat memberikan tempat untuk memahami, bagaimana orang menggunakan aplikasi Anda,” jelas Liu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar