01/04/15

Cara Kampanye Sosial Media Untuk Merek

SOSIAL media adalah salah satu platform digital yang dapat memberikan nilai positif atau negatif terhadap kampanye pemasaran produk Anda. Dalam dunia bisnis, sosial media seperti Facebook, twitter, pinterest, instagram, dan sebagainya. Menjadi salah satu cara mengukur ROI yang dihasilkan dari sosial media.

Pemasaran melalui sosial media, Anda perlu memberikan nilai tambah terhadap platform ini agar calon konsumen mengikuti jejak Anda menggunakan fasilitas digital ini. Ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama adalah seberapa banyak pengunjung dan respon dari calon konsumen. Kedua adalah Anda sendiri.

Pengaruh sosial media dapat menciptakan suatu merek atau brand bertahan lama dalam pikiran pelanggan. Ini menjadi tujuan utama bagi sebagian besar pebisnis, individu, atau merek yang menggunakan fasilitas sosial media.

Untuk menjalankan sosial media menjadi strategi yang tepat. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

Kenali Merek dan Sosial Media

Pahami merek dan esensi terlebih dahulu. Mencoba untuk memahami bagaimana hal ini dapat diubah menjadi media komunikasi yang efektif. Identifikasi kata kunci yang tepat dari merek Anda. Untuk memahami teknik iklan yang dapat diberikan sosial media. Sehingga memberikan pesan yang berbeda di platform sosial media yang berbeda tidak akan maksimal.

Mengenal Target Pelanggan

Bagian utama menggunakan sosial media adalah kosumen. Agar kampanye sosial media sukses, cari tahu betul target pelanggan Anda. Cermati media yang biasa mereka gunakan, serta kapan mereka online. Melalui penelitian, faktor-faktor tadi dapat ditemukan. Setelah Anda menemukan sekelompok target konsumen, maka mudah menjalankan strategi yang benar.

Gunakan Pendekatan Holistik

Pendekatan holistik menjadi suatu cara yang memberikan pesan yang sama pada setiap jaringan sosial media yang digunakan. Jangan berkonsentrasi pada satu platform sosial media saja, tetapi upayakan pendekatan holistik, terkait dengan pemasaran melalui bentuk media lainnya. Misalnya, jika Anda memberikan potongan harga pembelian produk, pastikan kupon tersebut tetap sama disemua platform sosial yang Anda gunakan.

Tentukan Tujuan

Tentukan tujuan yang ingin Anda capai dalam penggunaan sosial media. Apakah pengenalan merek, promosi atau penjualan? Usahakan Anda dapat mendefinisikan tujuan jangka panjang atau pendek yang membantu dalam monitoring dan evaluasi pemanfaatan sosial media tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar