14/03/15

Teknik Dasar Promosi Merek

PROMOSI atau branding adalah salah satu cara paling penting dalam menjalankan usaha, baik besar, kecil atau eceran. Strategi mengenalkan merek yang efektif adalah mampu memberikan nilai tambah kepada calon pelanggan di pasar yang semakin kompetitif. Lalu, bagaimana cara itu dapat mempengaruhi usaha Anda?

Pada dasarnya merek adalah sebuah janji kepada calon pelanggan. Merek memberitahukan kepada konsumen, apa yang bisa mereka dapatkan dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Tanpa melupakan pesaing Anda.

Merek biasanya ditampilkan melalui logo, website, kemasan dan bahan promosi yang mengintegrasikan kepada merek Anda.

Selain tampilan visual tadi konsumen juga akan melihat kredibilitas pemiliknya. Misalnya, pengalaman, harga yang ditawarkan, kualitas, produk bernilai tinggi, dan siapa target pelanggan.

Definisikan Merek

Menjelaskan sebuah merek ibarat perjalanan sebuah bisnis dalam menemukan arah usaha. Langkah ini bisa sulit, memakan waktu dan tidak murah. Setidaknya Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai merek tersebut.

  • Apa misi perusahaan?

  • Apa manfaatdan fitur produk?

  • Siapa pelanggan dan prospek perusahaan?

  • Kualitas apa yang mereka inginkan?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, Anda dapat melakukan penelitian. Pelajari kebutuhan, kebiasaan dan keinginan para pelanggan, serta memahami apa yang mereka pikirkan.

Sebab mendefinisikan merek dan mengembangkan strategi merek sangat kompleks. Perlu pertimbangan besar dari kelompok-kelompok lain sebagai penasehat yang telah memulai usaha serupa.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk Branding:

  1. Buat logo besar. Tempatkan dimana-mana.

  2. Tuliskan pesan merek. Apa pesan kunci tentang merek? Setiap karyawan harus menyadari atribut merek mereka.

  3. Mengintegrasikan brand. Branding meluas ke setiap pengembangan bisnis Anda. Bagaimana standar pesan menjawab telepon dari pelanggan, signature dalam email, dan sebagainya.

  4. Ciptakan "suara" yang mencerminkan merek Anda. Suara ini harus diterapkan untuk semua komunikasi tertulis dan dimasukkan dalam citra visual semua bahan, online dan offline. Apakah merek Anda ramah? Jadikan percakapan. Apakah itu mewah? Jadilah lebih formal.

  5. Buat tagline. Menulis pernyataan yang mengesankan bermakna dan ringkas yang menangkap esensi merek Anda.

  6. Ciptakan desain dan standar merek yang unik. Gunakan kombinasi warna yang sama, penempatan logo, tampilan standar menyeluruh.

  7. Jujur pada merek. Pelanggan tidak akan kembali jika Anda tidak memenuhi janji merek.

  8. Konsistensi. Jika Anda tidak dapat melakukan hal ini, upaya pengembangan merek akan gagal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar