12/03/15

Tips Memilih Perusahaan PR

INDONESIA bagian dari negara kawasan Asia-Pasifik memiliki peluang besar dalam pertumbuhan ekonomi dan bisnis. Apalagi di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, program yang tengah digenjot adalah sektor infrastruktur dan kemaritiman.

Pertumbuhan bisnis tersebut juga berdampak positif bagi industri Public Relations di Tanah Air dalam mendukung komunikasi yang positif kepada stakeholders. Dalam memilih perusahaan PR, ada empat langkah yang harus diperhatikan, yaitu:

    1. Identifikasi daerah sasaran
      Setiap daerah memiliki bahasa, budaya, media dan pasar yang berbeda. Jika seorang profesional PR spesialis dalam menjalin hubungan dengan media di Jakarta, mungkin mereka tidak memiliki jaringan untuk menggarap daerah lain. Untuk itu cari perusahaan PR yang siap untuk menangani target pasar tertentu.

    1. Tentukan target pasar yang baikUntuk mempersempit pemilihan perusahaan PR, bisa dimulai dari target program itu berada. Perusahaan PR lokal biasanya memiliki akses yang lebih besar kepada audiens lokal dan memiliki pemahaman budaya setempat yang kuat. Namun memilih konsultan PR yang dekat dengan pemilik program lebih memudahkan koordinasi dalam mengembangkan rencana-rencana strategis.

    1. Cari perusahaan berbudaya cerdas.Perusahaan PR tidak hanya memahami pasar media yang berbeda, tetapi juga memiliki pemahaman yang kuat pada budaya yang unik pada daerah-daerah sasaran. Untuk berhasil menyampaikan pesan di daerah yang beragam, perusahaan PR harus akrab dengan keanekaragaman budaya setempat. Mereka harus paham mendekati wartawan dan media di masing-masing daerah.

    1. Mintalah bukti pengalaman.Untuk mengukur pengalaman perusahaan PR, tanyakan apa saja kegiatan yang telah mereka kerjakan dan apa hasilnya? Tanyakan juga, apakah mereka memiliki studi kasus atau testimonial dari pelanggan? Dapatkan semua itu untuk memastikan perusahaan PR yang dipilih memang berpengalaman dan memberikan layanan yang tepat.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar