09/03/15

Tips Membangun Bisnis Online

ANDA bosan menjadi karyawan dan ingin usaha sendiri dengan modal bersahabat? Ya, salah satunya adalah online shopping. Usaha ini memang lagi trend di Indonesia. Banyak website bermunculan untuk menawarkan barang dan jasa dalam memenuhi kebutuhan konsumen.

Bahkan ada pula website lokal yang menyediakan fasilitas bagi masyarakat untuk mengiklankan produknya secara gratis. Misalnya, bukalapak.com, forum jual beli Kaskus, olx.co.id (berniaga), dan sebagainya.

Namun, Anda jangan minder melihat kehebatan portal-portal tersebut. Untuk memulai bisnis online, ada baiknya memperhatikan tips berikut ini:

Langkah 1: Menemukan kebutuhan dan menawarkan

Untuk menemukan peluang Anda mulai riset pasar. Bisa dimulai dari sekelompok orang yang sedang mencari produk yang susah mereka peroleh. Cara penelitian pasar melalui internet sangat mudah dan murah, yaitu:

  • Mengunjungi forum online untuk melihat, apa permintaan yang muncul dari calon konsumen dan apa masalah yang dihadapi?

  • Melakukan penelitian kata kunci untuk menemukan produk yang banyak dicari orang tetapi tidak banyak situs yang menyediakan.

  • Periksa pesaing potensial Anda dengan mengunjungi situs mereka dan pelajari apa yang mereka lakukan untuk menjawab permintaan konsumen.

  • Pelajari dan menawarkan atau membuat produk untuk pasar yang sudah ada dengan servis yang lebih baik dari kompetitor.

Langkah 2: Membangun situs yang mudah digunakan
Setelah menemukan peluang pasar, Anda siap mendesain website bisnis yang sederhana tapi elegan. Website Anda adalah toko online maka buatlah ramah bagi pelanggan. caranya:

  • Pilih satu atau dua jenis huruf dengan background putih polos.

  • Navigasi yang jelas dan sederhana.

  • Menggunakan grafis, audio atau video, jika konsumen meninggalkan

  • Tawarkan konsumen menjadi anggota melalui registrasi email.

  • Permudah proses pembelian dengan navigasi singkat sampai checkout.

Langkah 3: Menulis diskripsi produk yang menjual

Produk yang ditawarkan perlu diberi deskripsi yang detil, termasuk cara pemakaiannya. Agar calon pembeli paham dan percaya dengan produk yang Anda tawarkan. Jangan lupa, beri ruang untuk testimoni bagi konsumen yang membeli produk tersebut.

Langkah 4: Gunakan mesin pencari internet untuk mengarahkan pembeli ke situs Anda
Cara yang mudah adalah beriklan di google dengan bayar-per-klik iklan. Keuntungan cara ini dibandingkan menunggu pengunjung ke situs Anda adalah: iklan PPC muncul di halaman pencarian segera dan iklan PPC memungkinkan Anda untuk menguji kata kunci yang berbeda, serta berita utama, harga jual, dan pendekatan.

Langkah 5: Membangun reputasi diri sendiri

Konsumen menggunakan internet untuk mencari informasi sehingga berbagi informasi secara gratis ke situs lain dapat meningkatkan trafik pengunjung ke situs Anda. Sertakan juga fasilitas share melalui social media agar pembaca dapat mem-forward artikel tersebut.

Langkah 6: Menindaklanjuti pelanggan dengan email

Ketika Anda menawarkan fasilitas member melalui email. Ini merupakan asset paling berharga dari bisnis online. Artinya, pelanggan memberi izin kepada Anda untuk mengirim informasi terbaru atau produk promo yang Anda tawarkan.

Langkah 7: Meningkatkan penjualan melalui back-end dan upselling.

Salah satu strategi marketing internet adalah mempertahankan servis seumur hidup setiap pelanggan. Agar pelanggan membeli kembali di toko online Anda, maka teknik back-end dan upselling cukup efektif. Caranya:

  • Menawarkan produk untuk melengkapi pembelian konsumen.

  • Mengirimkan kupon loyalitas elektronik yang dapat ditebus pada pembelian

  • Menawarkan produk-produk terkait di halaman Terima Kasih setelah pembelian.

  • Beri reward bagi pelanggan setia agar lebih loyal.

Selamat mencoba!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar