08/05/13

Keuntungan CSR bagi Perusahaan

Meningkatkan Citra Perusahaan

Perusahaan yang melakukan kegiatan CSR konsumen dapat lebih mengenal perusahaan sebagai perusahaan yang selalu melakukan kegiatan yang baik bagi masyarakat.

Kerja Sama dengan Pemangku Kepentingan

Perusahaan tentunya tidak mampu mengerjakan program CSR sendirian. Jadi harus dibantu oleh para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, dan komunitas lokal. Sehingga perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan para pemangku kepentingan tersebut.

Memperkuat “Brand” Perusahaan

Kegiatan sosial memberikan product knowledge kepada konsumen dengan cara membagikan produk secara gratis. Cara ini secara langsung menimbulkan kesadaran para konsumen atas keberadaan produk tersebut sehingga meningkatkan posisi brand perusahaan di pasar.

Meningkatkan Pengaruh Perusahaan

Memilih kegiatan CSR yang sesuai dengan kegiatan utama perusahaan memerlukan kreativitas. Merencanakan CSR secara konsisten dan berkala dapat memicu inovasi dalam perusahaan yang akhirnya meningkatkan peran dan posisi perusahaan dalam bisnis global.

Membuka Akses Investasi dan Pembiayaan

Saat ini para investor mempunyai kesadaran akan pentingnya berinvestasi pada perusahaan yang telah melakukan CSR. Demikian juga penyedia dana, seperti perbankan lebih memprioritaskan pemberian bantuan dana bagi perusahaan yang melakukan CSR.

Membedakan dengan Pesaing

Jika CSR dilakukan sendiri perusahaan mempunyai kesempatan menonjolkan keunggulan komparatifnya sehingga dapat membedakan dengan pesaing yang menawarkan produk atau jasa yang sama.

Meningkatkan Value Perusahaan

Jika perusahaan rutin melakukan CSR yang sesuai dengan bisnis utamanya secara konsistensi. Masyarakat bisnis, pemerintah, akademisi maupun konsumen akan semakin mengenal perusahaan tersebut. Maka permintaan terhadap saham perusahaan ini akan meningkat dan mendongkrak harga saham perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar