10/03/14

Tips Tujuan Pemasaran

TUJUAN pemasaran adalah target atau kebijakan marketing yang ditetapkan oleh perusahaan melalui bagian pemasaran. Berdasarkan waktunya, tujuan pemasaran dibagi menjadi dua yakni jangka pendek dan jangka panjang.

Jangka pendek meliputi target penjualan secara menyeluruh pada tiap periode yang telah ditetapkan, misalnya target penjualan per bulan, kuartal, atau tahun. Sedangkan jangka panjang menanamkan kekuatan citra produk di pasar sehingga memiliki segmen pasar yang jelas dan stabil serta dikenal banyak orang.

Pada prakteknya kedua tujuan ini disusun berdasarkan empat hal, yaitu target pasar, kebutuhan konsumen, kepuasan konsumen, dan strategi pemasaran terpadu.

Target Pasar

Merupakan bagian yang sangat mempengaruhi hasil penjualan. Survey dan analisa mendalam diperlukan untuk menetapkan target pasar sedetil mungkin. Kesalahan menetapkan target pasar dapat berakibat fatal yaitu kegagalan penjualan. Beberapa acuan yang dijadikan target pasar adalah demografi pasar (jenis kelamin, usia, kelas sosial, dsb), kondisi wilayah pemasaran, dan tingkat ekonomi wilayah.

Kebutuhan Konsumen

Memahami tingkat kebutuhan konsumen terhadap suatu produk yang akan ditawarkan sangat mempengaruhi strategi pemasaran dan target penjualan nantinya. Produk bahan pokok relatif tidak membutuhkan promosi yang terlalu spesifik akan tetapi untuk produk non-bahan pokok apalagi produk baru perlu ditunjang dengan strategi promosi yang tepat dan terencana.

Kepuasan Konsumen

Sasaran utama dalam setiap tujuan pemasaran adalah konsumen yang puas. Kepuasan ini sebisa mungkin dapat diukur sehingga kontinuitas perbaikan produk tetap dapat dilakukan.

Strategi Pemasaran Terpadu

Strategi pemasaran dan komunikasi harus dibangun secara cermat berdasarkan semua data yang telah dikumpulkan dan tetap dikontrol pelaksanaannya sehingga proses perbaikan terus terjadi. Sifat strategi pemasaran harus dinamis dan mengikuti perkembangan tanpa meninggalkan citra produk yang ditawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar