06/04/14

Cara Riset Marketing

TIDAK penting skala dan kegiatan bisnis Anda, apakah perusahaan baru, bisnis lama atau ekspansi usaha. Melakukan riset pemasaran sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari usaha Anda.

Tujuannya tak jauh dari mencari target konsumen. Bagi perusahaan baru, riset pemasaran penting untuk memahami calon pelanggan dan jumlah permintaan. Sedangkan usaha lama, untuk memperhatikan demografi penduduk yang terus berubah dan tren selera konsumen.

Kondisi itu menuntut tenaga pemasar mengikuti tren pemasaran yang efektif dan unik. Supaya model bisnis Anda tidak ketinggalan jaman. Meski sulit menetapkan target yang realistis jika tidak mengetahui posisi usaha di pasar. Artinya, usaha Anda harus SMART (specific, measurable, attainable, realistic and timely).

Ada tiga cara melakukan riset pemasaran dengan murah:

Pertama bentuk focus group. Cara ini untuk mengenal calon konsumen dengan berbicara kepada focus group. Survei dan focus group adalah cara yang lazim untuk mendapatkan umpan balik dari konsumen.

Cara ini bisa dilakukan dengan mengirimkan kuesioner ke konsumen yang sudah ada sesuai dengan target demografi usaha Anda. Hasil survei sangat ditentukan oleh pertanyaan yang diajukan.

Jika Anda tidak yakin dengan pertanyaan yang diajukan, ada baiknya menyewa konsultan pemasaran. Menggunakan focus group, Anda dapat menggali calon konsumen dengan detil dan berkualitas, mulai dari tingkat harga, kampanye marketing, atau fitur layanan.

Kedua manfaatkan perguruan tinggi. Jika mengenal pengurus perguruan tinggi atau sekolah tinggi yang mempunyai program studi ekonomi, Anda dapat memanfaatkan jasa riset pemasaran dari lembaga pendidikan tersebut. Mungkin ada biaya untuk ini tetapi lebih murah ketimbang menyewa konsultan pemasaran profesional.

Ketiga pahami pesaing Anda. Belajarlah strategi yang dilakukan pesaing Anda. Apakah usaha mereka sukses? Jika ya, apakah pasar bisa menunjang usaha Anda dan mereka? Apakah pesaing Anda memiliki kelemahan yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan Anda?

Ketika Anda melakukan riset pemasaran, pastikan Anda mendengar masukan dan pendapat yang positif dan negatif dari konsumen. Satu-satunya cara yang buruk adalah hanya mendengarkan hal-hal positif saja tentang usaha dan produk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar