12/05/14

Cara Mengenal Pelanggan

MENJADI tenaga pemasar, Anda pasti mengenal sifat customer bisnis Anda. Namun apakah Anda yakin mengetahui karakteristik mereka? Sebuah penyedia jasa marketing, Yesmail Interactive, memiliki beberapa cara untuk mengetahui karakteristik pelanggan.

Berpikir Bisnis Besar
Pengusaha kecil tidak akan menjadi besar jika tidak berpikir bisnisnya menjadi besar. Menganalisa data yang tersedia mungkin cukup memakan waktu, namun ini lebih menjanjikan daripada mengira-ngira, siapa pelanggan Anda sebenarnya. Luangkan fleksibilitas waktu Anda dengan mencari tahu pelanggan Anda sebenarnya. Bisa dengan mengirim email satu-persatu atau mengajak berbincang seperti teman atau cara efektif lainnya.

Identifikasi Tanda Customer
Proaktif dengan mendatangi pelanggan. Kebanyakan tenaga pemasar bereaksi setelah ada aksi dari customer. Anda dapat mencari merek Anda di mesin pencari internet atau social media dan melihat respon dari mereka.

Tantangan Baru
Jangan berharap metode yang sukses dipakai di masa lalu dapat digunakan lagi di masa depan. Analisa ulang data Anda agar data yang dimiliki benar-benar valid dan bermanfaat untuk kampanye pemasaran Anda.

Pola Hidup Customer
Pola hidup dapat menjelaskan hubungan pelanggan dengan produk Anda. Tujuannya memasukkan brand menjadi bagian dari pola hidup pelanggan. Mengelola secara berkala sangat dibutuhkan agar sebuah brand dapat masuk menjadi bagian dari kehidupan pelanggan.

Gunakan Data Yang Tersedia
Sulit menghitung sesuatu yang tidak terlihat dimana menjadi masalah dari kebanyakan para pemasar. Yaitu tidak adanya akses data customer. Dengan perkembangan dunia digital, satu-satunya cara untuk tetap bersaing adalah menggunakan seluruh data yang tercantum dari semua pelanggan Anda.

Melihat Masa Depan
Melihat hal yang rumit membuat Anda mengabaikan yang dekat di depan mata. Dengan menggunakan jaringan social media tidak ada alasan untuk tidak melihat bagaimana interaksi pelanggan dengan brand Anda. Interaksi dengan social media dan survey dapat menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan data mereka.

Data Pembelanjaan Pelanggan
Kebanyakan tenaga pemasar mengetahui kebiasaan belanja pelanggannya. Informasi ini dapat menjadi insight untuk kampanye produk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar