23/06/14

Tips Strategi Pemasaran

INOVASI pemasaran boleh dikatakan sebagai kunci keberhasilan dari penjualan sebuah produk. Bahkan teknik memasarkan produk atau jasa mungkin lebih penting dari produk itu sendiri.

Teknik pemasaran yang baik harus didukung dengan strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Dengan strategi tersebut proses pemasaran dapat dipertahankan bahkan cara baru bisa membuat pelanggan semakin loyal. Namun jangan abaikan kualitas produk itu sendiri yang menjadi poin penting dari pemasaran.

Ada beberapa cara strategi pemasaran yang dapat diterapkan agar produk tersebut tersampaikan ke konsumen:

Pertama, kenali pelanggan Anda. Identifikasi target market akan membantu dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif dan efisien agar terhindar buang waktu dan biaya besar.

Kedua, Focus. Kekuatan fokus tidak berarti Anda menjual lebih sedikit. Sebaliknya dapat meningkatkan penjualan produk di wilayah tertentu. Dengan ketatnya persaingan pasar saat ini Anda harus memenangkan pasar dengan strategi marketing yang tepat dan ide yang inovatif.

Ketiga, lokasi strategis. Dalam strategi pemasaran pemilihan tempat menjadi unsur penting dalam mengenalkan produk. Sehingga pilihlah lokasi yang tepat dan strategis agar kesempatan bisnis Anda dapat diakses oleh pelanggan dengan mudah.

Keempat, internet marketing. Saat ini, jual beli online semakin marak dengan jumlah transaksi yang meningkat setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan pelanggan mencari berbelanja di luar jam buka toko, menghindari keramaian, dan privasi. Selain itu ruang berinovasi juga terbuka lebar di internet bagi pemasar dengan berbagai promosi. Bahkan layanan pengiriman gratis ke pelanggan menjadi nilai tambah tersendiri.

Kelima, promosi. Dalam memperkenalkan produk kepada konsumen, promosi menjadi langkah penting. Apalagi produk yang ditawarkan masih baru. Kegiatan ini biasanya dilakukan secara konsisten, terus-menerus, dan kreatif sehingga pelanggan tidak merasa bosan dan semakin mengenal produk yang ditawarkan.

Jika produk Anda bukan pioneer, maka beruntunglah bisa mengintip promosi yang dilakukan kompetitor. Hal itu bisa dijadikan evaluasi, apakah cara-cara yang dilakukan kompetitor efektif atau tidak. Jika penawaran Anda lebih unik dan menarik tentu pelanggan akan beralih ke produk Anda dan lanjutkan upaya promosi tersebut.

Promosi murah juga dapat dilakukan melalui jejaring social yang berkaitan dengan produk Anda. Cara ini bahkan bisa mengumpulkan komunitas pemakai produk Anda. Namun hindari promosi melalui SMS karena tidak semua orang menyukai menerima promo yang terus menerus melalui SMS dan ini dianggap sebagai spam. Dengan berbagai usaha tersebut Anda akan menemukan pelanggan yang membutuhkan produk yang Anda tawarkan.

Keenam, jalin hubungan dengan pelanggan. Biasanya menjalin hubungan dengan pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapat pelanggan baru. Maka buatlah database pelanggan dan selalu update data-data penting beserta kemajuan yang telah dicapai, hubungi pelanggan secara berkala dan informasikan promo produk yang sedang berjalan.

Selain itu, jangan melupakan kekuatan promosi dari mulut ke mulut. Cara ini sungguh ajaib dalam menyebar dan menjaring pelanggan baru. Karena itu, buatlah pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan Anda. Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang dapat menarik pelanggan baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar