11/07/14

Tips Menjalin Hubungan dengan Media

PERKEMBANGAN media massa membawa tantangan dan peluang tersendiri bagi para Humas dalam menjalankan fungsi komunikasi. Di sisi lain media juga bisa menjadi ‘batu sandungan’ yang merepotkan bagi pengelola organisasi.

Perlu diketahui bahwa media massa memiliki dua fungsi utama yakni berkaitan dengan ekonomi dan komunikasi. Untuk fungsi komunikasi media massa berupaya menyajikan berbagai informasi yang selektif dan berguna bagi publik.

Dalam kaitan ini media kerap diposisikan sebagai kekuatan berikutnya setelah kekuatan Eksekutif, Yudikatif, dan Legislatif. Bahkan untuk mendukung komunikasi media juga menyajikan informasi hiburan dan pengetahuan.

Menjadi komponen komunikasi dan pengawas dalam kehidupan masyarakat. Pengelola media harus dibekali pengetahuan dan pemahaman tentang etika jurnalistik. Sehingga media dan awak jurnalis mampu menjalankan tugasnya secara profesional demi terwujudnya kepentingan publik secara luas.

Secara komunikasi media tumbuh dan berkembang pesat dengan kuantitatif. Media juga membuka ruang bebas bagi individu untuk menjalin komunikasi dan mengakses informasi. Masyarakat semakin bebas untuk memilih dan menentukan media mana yang disukai dan mana yang dihindari.

Hal ini seiring dengan munculnya group-group media yang mengelola berbagai produk seperti media cetak, elektronik maupun broadcasting. Fenomena ini membuktikan secara ekonomi media pun tumbuh menjadi industri yang meyakinkan mampu memberi keuntungan bagi para pengelolanya.

Beragamnya produk media tadi para Humas dituntut membuat pemetaan terhadap institusi media tadi. Tujuannya mengetahui karakteristik media massa berdasarkan segmen khalayak yang dituju berbagai media tersebut.

Selain itu pemetaan bisa berguna untuk mengetahui jenis informasi yang biasa disajikan setiap media, termasuk membina hubungan secara intensif dan terencana dengan berbagai pihak yang bekerja pada industri media tersebut. Hal ini bisa memudahkan organisasi untuk menentukan media apa yang cocok digunakan sebagai partner.

Pertemuan atau interaksi secara rutin dengan para jurnalis merupakan suatu langkah yang bermanfaat demi terjalinnya hubungan yang baik. Tak dapat disangkal kemampuan menjalin hubungan dengan media merupakan salah satu kompetensi inti yang harus dimiliki para praktisi Humas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar