23/11/14

Tips Humas Jaga Komunitas Lokal

KOMUNITAS lokal mencakup masyarakat yang bermukim atau mencari nafkah di sekitar pabrik, kantor, gudang, tempat pelatihan, tempat peristrahatan, atau di sekitar asset tetap sebuah organisasi.

Sebagai Humas, keberadaan komunitas lokal itu menjadi penting karena tugas Humas setiap organisasi adalah bagaimana menjalin komunikasi yang terencana sehingga komunitas itu turut memberikan dukungan yang baik kepada organisasi.

Komunitas lokal biasanya terbentuk melalui dua pola. Pertama, organisasi atau perusahaan yang menjalankan sebuah aktivitas pada wilayah yang telah dihuni penduduk setempat.

Pihak perusahaan membeli lahan penduduk sembari berjanji akan mengoptimalkan peran masyarakat setempat sebagai tenaga kerja.

Dalam perjalanannya kerap menjadi masalah seiring dengan proses pembelian lahan. Para calo pun ikut berperan mempengaruhi proses tersebut.

Akibatnya, ketika perusahaan beroperasi image yang muncul dibenak komunitas adalah perusahaan bekerja sama dengan para calo. Situasi tersebut tentu sangat penting untuk dipahami para Humas.

Selain itu tidak boleh dilupakan juga adalah bagaimana menangkap, memahami apa yang tengah berkembang dan menjadi opini publik. Tatkala perusahaan atau organisasi melakukan aktivitas di tempat tersebut.

Kedua, ditemui dalam keadaan sebaliknya. Perusahaan datang lebih dahulu baru penduduk banyak berdatangan. Perusahaan yang menyerap tenaga kerja sangat banyak cenderung menyiapkan lahan pemukiman di sekitar lokasi kegiatannya.

Lambat laun penduduk yang menjadi komunitas di sekitar perusahaan tidak saja yang berkaitan dengan orang yang bekerja di perusahaan itu, tetapi juga warga lain yang membangun usaha karena melihat suatu peluang lainnya.

Terlepas dari berbagai pola tadi, peran Humas dituntut dalam membangun sebuah hubungan yang konstruktif dengan para komunitas tersebut.

Melalui strategi kehumasan yang baik maka komponen komunitas yang dihadapi oleh perusahaan akan memberikan dukungan yang baik pula bagi organisasi atau perusahaan.

Pada dasarnya komponen komunitas memiliki harapan yang bervariatif terhadap perusahaan, salah satunya berkaitan dengan peningkatan pendapatan.

Selain itu komunitas juga mengharapkan tertanamnya kebanggaan karena hadirnya perusahaan tersebut di lokasi komunitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar