25/10/15

5 Strategi Pemasaran, Tidak Dijalankan Media Sosial

JAMAN sekarang untuk memasarkan produk perusahaan Anda, aplikasi media sosial sudah menjadi prioritas utama bagi tenaga pemasar. Untuk mengenalkan produk kepada calon konsumen. Namun aplikasi media sosial masih memiliki kekurangan dalam mengkampanyekan produk Anda. Berikut yang tidak ditawarkan fasilitas media sosial:
  1. Program Ambassador
    Program Ambassador atau Duta berfungsi sebagai representasi terhadap merek atau produk perusahaan. Keberadaan Program Duta dapat menyebarkan image dan berita di masyarakat. Oleh karena itu, pemilik produk atau merek biasanya menggandeng selebritis atau tokoh yang dikenal oleh masyarakat untuk memperkuat image produk dan menjaring konsumen baru.
  1. Pameran Dagang
    Untuk mengenalkan produk, program off air atau pameran dagang dapat mempengaruhi menarik kepercayaan dari konsumen. Sehingga berpartisipasilah jika ada event pameran dagang yang sesuai dengan jenis produk Anda. Kegiatan ini mungkin bisa menguras kas perusahaan, mungkin karena berbiaya Namun keuntungan terbesar ikut dalam pameran dagang adalah mencari hubungan. Ini salah satu cara dari beberapa skenario di mana Anda dapat menjaring konsumen dan membangun hubungan dengan merek lain.
  1. Blogger
    Bantuan blogger bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk menghubungkan ke media sosial dalam menyebarkan informasi tentang produk dan merek Anda. Tetapi Anda harus selektif memilih blogger yang memiliki blog/website sesuai dengan target pembaca atau konsumen. Selain membayar dengan harga bervariasi, Anda mungkin harus memberi mereka sample produk agar mereka bisa mencoba produk tersebut dan memiliki gambaran dalam mengulas produk tersebut.
  1. Pembicara
    Dalam sebuah acara seminar atau workshop biasanya dibutuhkan seorang pembicara yang ahli pada industry atau topik tertentu. Anda bisa saja menunjuk karyawan yang memiliki posisi strategis sebagai pembicara. Namun konten presentasi yang diungkapkan jangan hanya promosi atau berjualan atas produk Anda. Melainkan berilah audiens presentasi yang membangun terhadap sektor atau industry yang dijalankan oleh perusahaan Anda. Sehingga memberikan pelajaran yang lebih besar atau memotivasi Jika ingin menyisipkan promosi terhadap produk Anda, berilah penjelasan di bawah 20% agar tidak membuat audiens bosan.
  1. Sosial
    Perusahaan Anda sebaiknya mulai menjalankan kegiatan sosial sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sekitar. Terlebih produk Anda dapat memberikan manfaat lebih bagi stakeholders. Cara ini kelihatannya hanya buang-buang duit, tetapi Anda harus berpikir secara positif. Bahwa tidak ada salahnya menjalankan kegiatan sosial sekaligus memperkuat image atau brand produk Anda. Sebagian kontribusi gratis, Anda setidaknya mendapat pelanggan baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar