01/11/15

Pelamar Antusias Jadi Humas Pemerintah

Pengumuman mencari tenaga humas pemerintah atau government public relations untuk instansi pemerintah diserbu 4.799 orang pelamar. Jumlah ini berdasarkan dokumen yang mengajukan lamaran secara online setelah dua minggu pengumuman tersebut dibuat.

Sayangnya, hanya 1.779 orang yang lolos untuk mengikuti tahap seleksi administrasi. Dari jumlah itu, sekitar 1.300 pendaftar dari umum dan 400 lebih dari PNS.

Zainul Azwar, Quality Assurance Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) GPR mengatakan, tahap verifikasi administrasi dibuka pada tanggal 28 hingga 31 Oktober 2015. “Tim Panselnas menargetkan setiap harinya ada sekitar 400 pelamar yang datang melakukan verifikasi,” ujar Zainul dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/10/2015).

Dia menjelaskan verifikasi administrasi di kantor Kementerian PANRB pada pukul 08.00-16.00 WIB. Di hari pertama hingga pukul 12.00 WIB baru 95 peserta yang datang melakukan verifikasi dari target 254 orang. Sedangkan yang lolos verifikasi baru delapan orang.

“Target kami setiap harinya ada sekitar 400 pelamar yang datang untuk verifikasi tetapi sampai pukul 12 siang baru 95 orang dan yang lolos hanya delapan orang,” ucapnya.

Menurut Zainul, tahap verifikasi administrasi dibutuhkan sebagai penentu syarat untuk mengikuti ujian selanjutnya. Peserta wajib datang ke kantor Kementerian PANRB untuk melakukan verifikasi administrasi.

Untuk menyaring pelamar itu, tim administrator berjumlah 14 orang dari Kementerian Kominfo yang langsung melakukan verifikasi. Diharapkan sampai tanggal 31 Oktober peserta yang lolos pada saat mendaftar bisa melakukan verifikasi.

Ada pun hal-hal yang dinilai tim administrator antara lain adalah Toefl dan nilai IPK pendaftar.

Setelah seleksi administrasi, dilanjutkn dengan ujian tes kompetensi dasar (TKD), tes kompetensi bidang (TKB) dan fit and proper test yang dilakukan tim Kominfo dan Kementerian PANRB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar