Pembentukan Badan Cyber Nasional, Pertanyakan Kinerja Menkominfo

Pemerintah berencana membentuk Badan Cyber Nasional pada bulan ini, untuk mengawasi gerak gerik netizen di dunia maya.

Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Gerindra, Elnino Husein Mohi menilai pembentukan badan cyber menimbulkan pertanyaan besar bagi kinerja Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Artinya, akan memunculkan anggapan Menteri Rudiantara tidak mampu mengatasi peredaran berita bohong di internet.

“Pembentukan Badan Cyber Nasional ini, apakah Menkominfo Rudiantara dianggap tak mampu lagi atasi pertebaran informasi di internet? Mestinya urusan internet ini ditangani Menkominfo sebagai regulator hardware dan software komunikasi dan informasi,” kata Elnino dikutip dari merdeka.com.

Menurutnya, tugas awal Badan Cyber Nasional adalah memblokir situs-situs yang menyebarkan paham separatis di Indonesia. Setelah berhasil menutup semua situs anti NKRI, baru lah badan cyber ini fokus pada masalah lain.

Dia tidak ingin badan cyber ini sebagai bentuk kekhawatiran pemerintah terhadap kritik dari warganya. Sehingga pembentukan badan ini sebagai upaya menciptakan pemerintahan diktator yang anti kritik.

“Alih-alih untuk melakukan perbaikan, justru yang terjadi adalah pemerintah yang paranoid melakukan itu semua untuk melindungi dirinya, atau ingin menciptakan kediktatoran yang baru,” tutupnya.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post