12/06/13

Manfaat CSR Bagi Masyarakat

PROGRAM CSR merupakan komitmen perusahaan untuk mendukung terciptanya pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Oleh karena itu, program ini merupakan investasi bagi perusahaan demi pertumbuhan dan keberlanjutan perusahaan. Bukan lagi sebagai sarana biaya melainkan sarana meraih keuntungan (profit centre).

Konsep CSR akan berdampak positif bagi masyarakat tergantung dari orientasi dan kapasitas lembaga dan organisasi lain, terutama pemerintah.

Studi Bank Dunia (Howard Fox, 2002) menunjukkan peran pemerintah terkait dengan CSR meliputi, pengembangan kebijakan yang menyehatkan pasar, keikutsertaan sumber daya, dukungan politik, menciptakan insentif dan peningkatan kemampuan organisasi.

Hal itu sejalan dengan pengertian CSR versi World Bank. Bahwa CSR merupakan komitmen organisasi bisnis untuk berkontribusi bagi pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas kehidupan stakeholders sehingga berdampak baik bagi bisnis sekaligus bagi kehidupan sosial.

Untuk Indonesia pelaksanaan CSR membutuhkan dukungan dari berbagai unsur, yaitu pemerintah daerah, kepastian hukum, dan jaminan ketertiban sosial. Pemerintah dapat mengambil peran penting tanpa melakukan regulasi di tengah situasi hukum dan politik saat ini.

Semisal persoalan kemiskinan dan keterbelakangan yang dialami Indonesia. Pemerintah harus berperan sebagai koordinator penanganan krisis melalui CSR. Pemerintah juga bisa menetapkan bidang-bidang penanganan yang menjadi fokus dengan masukan dari berbagai pihak yang kompeten.

Setelah itu, pemerintah memfasilitasi, mendukung, dan memberi penghargaan kepada kalangan bisnis yang terlibat dalam upaya tersebut. Pemerintah juga dapat mengawasi proses interaksi antara pelaku bisnis dan kelompok-kelompok lain. Agar terjadi proses interaksi yang lebih adil dan menghindari proses manipulasi atau pengancaman satu pihak terhadap pihak lain.

Intinya manfaat CSR bagi masyarakat adalah bagaimana membuat suatu konsep yang dalam mengembangkan diri dan usahanya sehingga sasaran mencapai kesejahteraan para stakeholders tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar